Apa yang Terjadi Setelah Ini Membuat Dunia Terkejut!


Video viral mamalia paus berjudul "Whale Protects Diver From Nearby Shark" sedang ramai dibicarakan di dunia maya. Video ini menunjukkan paus balen (Megaptera novaeangliae) yang sedang berenang bersama seorang penyelam di lepas pantai Pulau Rarotonga, Kepulauan Cook, Pasifik.

Uniknya, paus ini ternyata sedang melindungi penyelam yang juga ahli biologi kelautan, Nan Hauser, yang sedang mengambil gambar paus tersebut. Dalam keterangan video, Hauser, President and Director of the Center for Cetacean Research and Conservation, mengatakan "penjagaan" ini merupakan sifat intuisi paus.

"Sifat intuisi untuk melindungi makhuk lain, termasuk manusia," kata Hauser, dalam keterangan video tersebut. Hauser percaya, kejadian seperti ini baru pertama kali terekam kamera.

Hauser, 63 tahun, merasa heran kenapa mamalia laut raksasa tersebut selalu menyibakkan siripnya kepadanya selama 10 menit. "Padahal, sebelumnya, hal itu belum pernah terjadi," kata dia.

Mulanya Hauser merasa aktivitas paus ini lantaran ada paus lain. Belakangan Hauser sadar ada seekor hiu macan (Galeocerdo cuvier) berada di dekatnya. "Selama 28 tahun saya berusaha melindungi paus, baru kali ini mereka melindungi saya," kata dia, seperti dilansir laman The Independent, Selasa, 9 Januari 2018.

Hauser menganalogikan sifat paus ini sama sepeerti sifat altruistik para pemadam kebakaran. Pemadam, kata dia, akan bergegas menyelematkan orang yang terjebak di tengah api tanpa mempedulikan dirinya.

Selama ini, paus memang dikenal sebagai hewan yang memiliki rasa kesetiakawanan tinggi dan akan melindungi mamalia lain dari serangan predator. Namun, baru kali ini, paus melindungi manusia.

"Saya kira saya akan mati ditampar sirip paus seberat 30 ribu kilogram itu, atau disepak memakai ekornya, atau ditindih hingga tenggelam. Saya berusaha tenang agar tak semakin mengganggunya, tapi ternyata dia mengusir hiu di dekat saya," kata Hauser.

Video berdurasi 2 menit 58 detik itu dirilis channel akun YouTube Caters Clips pada 8 Januari 2018. Meski baru dua hari diluncurkan, tapi video ini sudah ditonton sebanyak 3 juta kali dan akan terus bertambah, mengingat video ini terus dibagikan.

Posting Komentar

0 Komentar